1. Syarat daftar sidang
Dapat acc dari dospem,
kemudian di form pengajuan sidang tempelkan foto 4x6 2 buah, hitam putih dengan
ketentuan :
• Pria : Kemeja putih,
dasi hitam.
• Wanita : Kemeja putih,
kerudung putih, jika kerudung berwarna harus dimasukkan kerudungnya sehingga
tidak terlalu menutupi kemeja putihnya.
2. Cara mendaftar sidang
Daftar sidang di loket 9
setiap hari Selasa dan Rabu. Nanti dapat jadwal sidang di sepotong kertas,
simpan kertas ini baik-baik di dalam dompet.
3. Syarat sidang
Print 1 buah PI berwarna
dan 3 PI hitam putih, kemudian dijilid softcover. Lalu buat ppt presentasi yang
diprint transparency, jadi nanti pada saat sidang menggunakan OHP.
4. Cara mengikuti sidang
• Bawa : 4 buah PI yang
sudah diprint, transparency untuk presentasi, kertas jadwal sidang.
• Bila pada kertas
tersebut belum ada nomor bilik (A, B, … F) maka ke loket 9 dulu pada hari H
sidang untuk meminta nomor bilik.
• Urutan pemanggilan
peserta sidang berdasarkan absensi yang kita isi pada hari sidang.
• Untuk aplikasi
berbasis android/ios bawa aplikasi dalam bentuk jadinya saja (bawa hpnya),
untuk aplikasi berbasis desktop/web bawa laptop untuk menjalankan aplikasinya.
Jaga-jaga takutnya aplikasinya diminta lihat oleh penguji.
• Untuk pakaian:
Pria : Kemeja putih,
celana panjang bahan hitam, berdasi hitam.
Wanita : Kemeja putih,
rok bahan hitam di bawah lutut, kerudung bebas.
5. Setelah mengikuti
sidang
Bila ada revisi, nanti
akan diberikan kontak penguji yang merevisi kita pada kertas revisi. Untuk
revisi perubahan judul hanya dapat dilakukan di hari yang sama pada saat kita
sidang, jadi tidak bisa dilakukan di hari esoknya.
6. Setelah selesai
mengerjakan revisi
Bila kita sudah
merivisi, sesegera mungkin buat janji dengan dosen penguji. Serahkan hasil
revisi beserta kertas revisi yang kita dapatkan pada sidang tadi. Pada kertas
revisi tersebut nanti dosen penguji akan tanda tangan dan menulis “Revisi Ok”.
Biasanya 1x bertemu dosen penguji sudah langsung di-acc revisi nya.
7. Setelah revisi di acc
Hardcover PI kita yang
berwarna. Jangan lupa isi tanggal lulus pada pernyataan originalitas dan lembar
pengesahan PI kita. Untuk saran saja, bila revisi nya tidak terlalu banyak,
bongkar saja PI
softcover kita yang
dipakai sewaktu sidang untuk di-hardcover. Untuk membuat hardcover biasanya
memakan waktu 1-2 hari berikutnya.
8. Setelah hardcover
Buat janji dengan dosen
pembimbing untuk meminta tanda tangan di lembar pengesahan hardcover PI kita.
Bawa kertas revisi yang telah di tanda tangan dosen penguji. Disinilah tanda
terima kasih dapat diberikan, hehe.
9. Upload file
presentasi
Upload file presentasi
sidang kalian di studentsite. Buka student site -> Login -> Perpustakaan
-> Upload Penulisan Ilmiah -> Upload Penulisan Anda, ketentuannya :
• Dimensi : isi dengan
jumlah halaman pada abstraksi kalian. Contoh : xi + 75 + Lampiran.
• Abstraksi : copy paste
seluruh isi abstraksi kalian.
• Subyek Penulisan : isi
dengan kata kunci pada abstraksi kalian. Bila ada 3 kata kunci klik tanda “+”
sehingga ada 3 buah subyek.
• Tanggal pelaksanaan
sidang : isi dengan tanggal kalian sidang.
• Tanggal penyerahan
berkas : isi dengan tanggal hari ini pada saat kalian upload.
• Jenis Penulisan :
Slide Presentasi Sidang
Kemudian klik Lanjutkan
Langkah 2.
Pada halaman ini kalian
diharuskan mengupload file presentasi kalian dalam format PDF dengan ukuran
tidak lebih dari 2MB. Bila pilihan untuk memilih file tidak muncul, lakukan hal
ini pada browser kalian :
• Firefox, Opera,
Safari, dll : Download dan install Adobe Flash Player.
• Chrome / Chromium :
Masukkan address chrome://settings/content pada address bar -> pilih Flash
-> Matikan Ask First -> Refresh halaman studentsite kalian.
Setelah upload file
presentasi, klik Cetak Bukti Presentasi yang nantinya akan mendownload file
berbentuk PDF. File ini berisi barcode yang harus kalian print.
Nantinya statusnya akan
berwarna merah karena belum diverifikasi.
10. Verisikasi berkas
presentasi
Setelah memprint
barcode, datang ke loket perpustakaan di depan loket UM. Dengan membawa:
Barcode, KRS aktif, dan hardcover PI. Nanti barcode kalian akan mendapat cap
dari perpustakaaan.
11. Meminta TTD
Koordinator
Kembali lagi ke loket 9
(loket daftar sidang) untuk meminta ttd Koordinator PI pada hardcover kita.
Dengan membawa: Barcode yang sudah dicap, kertas revisi, dan hardcover PI.
Nanti yang dikembalikan hanya hardcover PI kita, kertas revisi dan barcodenya
diambil.
12. Meminta TTD Ketua
Jurusan
Untuk jurusan Teknik
Informatika ke ruang D421, dengan membawa:
• CD dengan cover PI, isinya
: File presentasi format .ppt, penulisan PI format .doc (bila filenya
dipisah-pisah buatlah folder dengan nama Penulisan), dan folder Project PI
kalian. Contohnya sbb :
Atau
• Hardcover PI
13. Upload PI lengkap
Setelah semua tanda
tangan lengkap di hardcover, scan halaman tersebut dengan format .pdf.
• Pecah-pecah penulisan
ilmiah kalian dengan format .pdf dengan nama file dan format seperti berikut :
Untuk Paraf&Stempel
adalah lembar pengesahan dengan ttd lengkap yang telah kalian scan tadi.
• Ke student site ->
Login -> Perpustakaan -> Upload Penulisan Anda -> Isi sama seperti
pada tahap ke-9, hanya saja pada Jenis Penulisan pilih “Penulisan Ilmiah
Jenjang Setara Sarjana Muda”. Kemudian klik Lanjutkan langkah 2. Upload file
satu persatu dengan urutan upload sebagai berikut :
• Setelah itu
konfirmasi, kemudian definisikan file satu persatu sesuai dengan jenisnya
masing-masing.
Untuk upload penulisan
ilmiah tidak ada barcode lagi.
14. Verifikasi Upload PI
Ke loket perpustakaan
lagi, dengan membawa: Kertas jadwal sidang, hardcover, dan KRS aktif. Bilang
mau verifikasi berkas PI. Kemudian nanti akan diberikan blanko sebesar 50.000,
isi blanko tersebut dengan Nama, Npm, dan kelas kalian. Bayar ke bank DKI. Lalu
kembali lagi ke loket perpustakaan dengan membawa blanko yang sudah dibayar.
Nanti kalian akan disuruh mengisi nama, tipe penulisan, dan no hp pada pada
selembar kertas yang telah disediakan.
15. Pengambilan
Sertifikat
Pengambilan sertifikat
Sarjana Muda dapat diambil 3 bulan setelahnya di Gedung 4 lantai 2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar