Haiii ketemu lagi nih ya sama gue karna udah lama banget kan gue gak
nulis di blog jadi kali ini gue mau nulis yang bermanfaat nih buat temen-temen
semua dan semoga bisa membantu untuk tahap penyelesaian PI nya. Kali ini gue mau cerita apa sih yang gue
hadapi dan rasain setelah sidang PI. PI adalah penulisan ilmiah yang ada di
Universitas Gunadarma menjadi syarat untuk mahasiswa tingkat akhir
melakukan skripsi. Sebelumnya gue udah pernah cerita kan masa-masa gue nyusun
PI dan sampe gue ngurus sidang. Sekarang gue mau cerita setelah gue sidang nih
cuyyy. Mau tau gak?? Mau dong pastinya yakannn supaya buat temen-temen yang
belum sidang bisa termotivasi setelah membaca cerita gue. Jadi gue itu daftar
sidang tanggal 4 Oktober kemudian tanggal 12 Oktober gue sidang
cuy tepatnya di hari Jumat. Jarak dari daftar sampai ke hari
sidangnya cuma 8 hari kebayang gak tuh sebentar banget kannn.
Okeyy balik ke cerita. Jadi detik-detik mau sidang itu gue mulai disibukkan
buat ngeprint, jilid, dan transparansi. Banyak banget duit yang harus
dikeluarin cuyyy. Hah transparansi??? Iya cuyy jurusan gue masih harus
transparansi ppt kalau mau sidang . H-2 sidang gue ke warnet depan E tuh
namanya ACE, itu warnet kesayangan gue tepatnya kesayangan jurusan gue sihh
hahaha karena cuma warnet itu yang mengerti anak industri, pokoknya
pengertian banget deh tuh warnet hahaha. Gue ngeprint, jilid, dan transparansi
ppt di ACE. Pokoknya h-2 itu gue bener-bener sibuk ngurus persiapan sidang
dehhh. Habis dari ACE gue sama temen gue belajar presentasi tuhh. Gue
bener-bener presentasiin ppt gue di depan temen gue biar nanti pas sidang gak
grogi lagi. Deg-degan bukan main coyyy. Hahaha lebay gak sih.
H-1 sidang gue malah pergi sama temen-temen gue ke tempat ngopi gituuu
karena gue gamau terlalu memforsir untuk belajar, jadi h-1 gue ngopi aja bareng
temen-temen. Pas malemnya gue pulang ke rumah tiba-tiba keingetan lagi kalau
besok sidang . Gue belajar presentasi di depan kaca supaya pas sidang
lancar ngomongnya. Gue berdoa setiap abis solat supaya sidang gue diperlancar.
Gue juga ga lupa buat minta doa sama orang tua. Akhirnya tiba lah hari dimana
gue harus bersiap-siap buat sidanggggg. Ah parah mau nangis cuyy deg-degan
abisss. Tapi pas gue sampe di kampus malah jadi gak deg-degan karena gue mikir
yaudah kan gue yang KP pasti gue yang lebih tau dan gue pasti bisa jawab. Gue
dateng ke D dari jam 9 tapi gue baru masuk ke ruang sidang jam 10. Gue maju urutan
ketiga cuyy. Gue berdoa terus supaya lancarrrr. Abis itu nama gue langsung
dipanggil dan gue langsung masuk ke ruang sidang. Pembawaan gue santai dan
alhamdulillah gue bisa jawab semua pertanyaan dosen penguji. Judul PI gue itu
“Mempelajari Pengendalian Material Bijih Plastik pada PT Argha Karya Prima
Industry Tbk” jadi intinya sih gue membahas tentang pengendalian material bijih
plastik gitu deh. Alhamdulillah sidang gue lancar berkat doa dari orang
tua pastinya. Pas keluar ruangan sidang gue liat temen-temen gue udah pada
dateng bawain bouquet makanan dan hadiah-hadiah lainnya. Gue foto-foto bareng
mereka. Pokoknya tanggal 12 Oktober itu gue seneng banget dehhh.
Awal tahun 2019 tanggal 7
Januari gue cepet-cepet langsung kerjain revisi PI nya karena gue
gamau nunda kelamaan. Soalnye gue orangnya gasuka nunda-nunda pekerjaan
hehehe. Gue bimbingan lagi sama dospem gue tuh dan cuma sekali
bimbingan setelah itu langsung ditanda tangan lembar pengesahan gue. Setelah
ditanda tangan gue langsung hardcover PI nya supaya bisa langsung di verifikasi
ke perpustakaan. Sebelum terverifikasi sama bagian perpustakaannya, gue
diharuskan mengupload ppt gue diubah menjadi pdf di studentsite. Setelah
hardcover dan mengupload ppt di studentsite gue langsung ke D buat
verifikasi dan ternyata antri parahhhhh, tapi gue tetep antri supaya bisa
verifikasi. Setelah verifikasi gue langsung minta tanda tangan bu Meilani
karena beliau adalah koordinator PI. Besoknya gue langsung minta tanda
tangan serta ngasih CD yang isinya kebutuhan PI gue ke bu Rahma
karena beliau adalah kepala jurusan teknik industri. Butuh waktu yang lama
mendapatkan ttd kajur kesayangan gue huhu. Setelah tanda tangan lengkap
semua gue langsung scan lembar pengesahan yang sudah di ttd dospem gue,
koordinator PI, dan kajur gue. Setelah itu gue upload PI gue ke
studentsite dari cover sampe lampiran-lampirannya juga. Pokoknya semua gue
urus sampai selesai supaya pas ngerjain skripsi gue gak kepikiran sama PI
lagi. Setelah PI diupload di studentsite, gue diharuskan kembali lagi ke
perpustakaan bawa hardcover PI, krs, dan surat pas awal-awal sidang yang
dikasih sama loket untuk mendapatkan blanko pembayaran untuk mendapatkan
sertifikat setara sarjana muda atau biasanya disebut dengan gelar A.Md.
FYI, surat awal-awal sidang jangan sampai hilang itu yaa. Capek ngurus setelah
sidangnya daripada sebelum sidangnya huhuhu. Nih langkah-langkah setelah ngurus
sidang PI, check this out:
1. Revisi PI
ke dospem yang ada di kertas perbaikan dan revisi sesuai dengan kertas perbaikan
yang dikasih pas sidang
2.
Setelah revisi di acc, minta ttd sama dospem di lembar pengesahan
3.
Hardcover PI
4. Upload
ppt ke student site. Nanti dapet bukti upload gitu isinya barcode
5. Ke loket perpus yg di
D bawa hardcover + bukti upload yang barcode + krs untuk verifikasi + surat
revisi
6. Ke loket sidang bawa bukti
upload yg udah di cap + surat revisi + hardcover + krs minta ttd ke Koordinator
PI. (ini 2 hari untuk di ttd kalo ibunya gaada ditempat)
7. Ke jurusan ruangan
jurusan buat ttd Kajur, bawa hardcover + CD (Isi PI dalam bentuk word, pdf
& ppt)
8.
Scan lembar pengesahan (yg udah ada ttd ke 3 nya)
9. Upload penulisan
PI dari cover - lampiran ke studentsite serta scanan lembar yang ada ttd nya
10. Ke loket perpus lagi bawa
hardcover + surat kecil pas mau sidang + krs (nanti dr sini dikasih blanko)
11. Bayar
ke Bank DKI sebesar 100rb
12. Ke
perpus lagi buat naro blanko itu (satu buat kita satu buat perpus)
13. Ambil sertif ke D21, bawa
surat kecil pas mau sidang + blanko yg dikasih dr perpus. Sertifikat jd 3 bulan
setelah sidang
Lebih lengkapnya ada
dibawah ini gengsss:
LANGKAH-LANGKAH SETELAH
SIDANG
1. Bawa
Hasil Revisi dan Kertas Revisi Ke Dospem
2. Setelah Dospem ACCin
Kertas Hasil Revisi Sidang dan Menandatanganinnya. (Kalau bisa minta tanda
tanganin lembar pengesahannya duluan, biar gak bolak balik pas selesai
hardcover nanti)
3. Hard Cover PInya dan
beli CD untuk kajur (isinya file word PI, pdf PI, dan slide PPT) Biar ga print
lagi pake printan pas sidang aja, atau tinggal ganti yang salah2nya aja, tempat
Hardcovernya bisa dikampus D dietmpt fotocopy yang deket tukang kentang goreng
harganya 20rb, warna covernya orange sama kyk cover pas eksemplar
sidang dan depan Kampus E persis depan Lawson nama tempatnya ACE tukang
fotocopynya jg udah tau
4. Sambil Menunggu Hardcovernya
jadi, Silahkan upload File Presentasi PPT Sidang PInya, Langkah2nya ada dibawah
(baru Hanya PPT Sidangnya aja dulu dan Peruntukannya buat Slide Sidang PI belum
setara sarjana muda, langkah2nya lengkap dibawah). Buat dapet hasil printan
Barcode
1. Dimensi = isi
dengan yang ada di ABSTARKSI
2. Judul Penulisan = Isi
dengan Judul PI yang dibuat
3. Nama Pembimbing = Isi dengan Nama Dosen Pembimbing masing-masing
4. Abstraksi = Isi Copy Paste dari ABSTRAKSI
5. Subyek Penulisan = Isi dengan KATA KUNCI yang ada DI ABSTRAKSI
6. Tanggal Pelaksanaan Sidang = Isi dengan Tanggal Sidang kalian masing masing
7. Tanggal Penyerahan Berkas = Isi dengan Hari pada saat Anda Upload Presentasi kalian (Berarti hari ini)
8. Jenis Penulisan = Pilih SLIDE PRESENTASI SIDANG
9. Lokasi Penyerahan Penulisan = Pilih sesuai Kampus untuk penyerahan berkas
3. Nama Pembimbing = Isi dengan Nama Dosen Pembimbing masing-masing
4. Abstraksi = Isi Copy Paste dari ABSTRAKSI
5. Subyek Penulisan = Isi dengan KATA KUNCI yang ada DI ABSTRAKSI
6. Tanggal Pelaksanaan Sidang = Isi dengan Tanggal Sidang kalian masing masing
7. Tanggal Penyerahan Berkas = Isi dengan Hari pada saat Anda Upload Presentasi kalian (Berarti hari ini)
8. Jenis Penulisan = Pilih SLIDE PRESENTASI SIDANG
9. Lokasi Penyerahan Penulisan = Pilih sesuai Kampus untuk penyerahan berkas
FILE PPT SIDANG UBAH KE
PDF
5. Setelah diprint selembar barcodenya,
besoknya ambil hardcover ditukang fotocopy, trs bawa lembar barcode dan
harcovernya kebagian loket perpustakaan di Kampus D untuk diverifikasi,
lokasinya ada disebelah Bank DKI kampus D. (Syaratnya Hardcover PI di lembar
pengesahan sudah di TTD Dospem & bawa lembar barcode PI dari StudenSite)
(Bawa juga selembar hasil revisi yg dikasih pas kelar sidang biar sekalian bisa
minta TTD ke Kordinator PI hari itu juga dan CD PI biar sekalian buat bisa
minta TTD kajur masing-masing)
6. Setelah lembar barcode
dicap orang perpus, bawa Hardcover dan lembar barcode dan kertas selembar
revisian pas selesai sidang, buat minta TTD lembar pengesahaan ke Koordinator
PI Bu Meilani, Tempat mintanya ada di Loket pas daftar sidang, kalau minta
pas ada Bu Meilani langsung hari itu jg di TTD tapi kalau mau minta dihari saat
loket tutup bisa minta keruangannya langsung masuk lewat dalem gedung pokoknya
didalem ruangan loket2 gunadarma, tanya aja didalem meja ibu meilani dimana.
7. Setelah lembar
pengesahaan di TTD kordinator PI, selanjutnya minta TTD Ketua
jurusan masing-masing, Bawa Hardcover PInya + CD PI word+PDF+Slide
dan dikasih sticker cover di CDnya. Taroh Hardcover PI + CD di sekret
jurusan taroh di rak jurusan masing-masing, tanya aja dsna. Biasanya
nunggu seminggu paling lama bisa sebulan baru udh di TTD.
8. Setelah semua TTD
didapatkan, Scan hasil lembar pengesahan yg di TTD trs jdiin PDF. Upload semua
isi penulisan kalian , sesuai aturan yang ada di deposit library , semua
penulisan di convert ke PDF , masing masing file tidak boleh lebih dari 2 Mb
, Lembar pengesahan dan Lembar originalitas yg sudah di TTD harus di scan
, sebelum di upload dan harus berbentuk file PDF juga. Ganti peruntuknya tadi
jadi PENULISAN ILMIAH JENJANG SETARA SARJANA MUDA. DEFINISIKAN
SELURUH FILE YANG TLEAH DIUPLOAD, SETELAH ITU KIRIMKAN (Kali ini tidak ada
bukti upload yang harus di print)
“sekedar saran sebelum upload cek semua penulisan ,
apakah dari tanggal sidang di penulisan sudah diketik atau tanda tangan pembuat
PI di penulisan yang harus di scan atau yang lain , pokoknya dicek semua ya
kawan ”
9. Setelah upload file, kita ke
perpustakaan yang dibawa adalah hardcover + potongan surat acc yang
dikembalikan saat pendaftaran sidang (yang ada jadwal sidang kita pas pertama
kali daftar sidang), yang nantinya akan ada verifikasi data kalian , akan
disamakan hardcover dengan softcopy PDF yang kalian upload ke deposit library ,
jika ada perbedaan , pasti ada perbaikan entah upload nya di ulang lagi , atau
tergantung kebijakan dari pihak petugas perpustakaan
10. Setelah di ACC
petugas perpus, maka kita akan dikasih Blangko
11. Setelah membayar blangkonya,
balik lagi ke loket perpus dikampus D itu, nyerahin blanko yang udah dibayar
tadi. Nanti pihak perpus ngasih 1 buat kita yang dipake buat ngambil
SERTIFIKAT dan memberi cap pada hardcover PI kita
12. Setelah semua selesai, tinggal
ngambil sertifikat di gedung 2 lantai 1 kampus D dengan bawa blanko dan surat
daftar sidang. Sertifikat selesai kurang lebih 3 minggu setelah sidang. Setelah
sertifikat diberikan, jangan langsung ditanda tangan. Kalian periksa apakah
data sudah benar atau belum. Jika terjadi kesalahan, kalian lapor, dan
sertifikat dapat diambil 2 minggu kemudian.
Jadwal D21
Tiga bulan setelah sidang gue dapet sertifikat setara sarjana muda atau biasanya disebut dengan gelar A.Md. Alhamdulillah gue seneng banget bisa dapetin sertifikat itu akhirnya PI gue bisa diselesaikan tepat waktu dan sesuai prediksi gue. Pokoknya sekarang gue lega banget karena gue tinggal skripsian aja nihh abis itu lulus dehhh (kalo cepet skripsinya). Ini semua pasti berkat doa dari orang tua gue cuyy. Sebelum ceritanya gue tutup ada pesen nih dari gue buat lo semua yang baca cerita gue, kalau mau menghadapi sesuatu hal jangan lupa untuk minta doa sama orang tua yaa, insya Allah semua akan lancar. Good bye all. See you next my other story.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar